00:49:00
Melanjutkan artikel sebelumnya, kali ini saya mau jelasin/nerusin postingan pertama saya tentang Basic Jaringan Cisco (Introduction to Networks part 1) yaitu tentang End Devices, Intermediary Network Devices, Network Media, dan Size(Cakupan area network).

End Devices


mubarok.net_End Devices

            End Device itu adalah tempat tujuan dari pesan atau packet yang dikirim dalam suatu jaringan, yang biasanya adalah alat2 yang sehari2 kita kenal, contoh : PC, Network Printer, VoIP Phone, Security Camera, Smartphone, Dll)

End Device dalam terminology jaringan lebih sering disebut dengan Host
Host bisa sebagai source ataupun destination (cara membedakan antara host destination dengan source host adalah dengan memberikan alamat, yang biasanya berupa IP / Internet Protocol, 192.168.1.1 …


Host mempunyai 3 peran, yang pertama adalah sebagai Server (host yang mempunyai software yang memungkinkan dia untuk menyediakan informasi kepada yang membutuhkan), Client (host yang mempunyai software yang memungkinkan dia untuk me-request informasi yang dibutuhkan), dan Both (bisa kedua-dua nya).

Intermediary Network Devices


mubarok.net_Intermediary Network Devices

Yaitu alat2 yang bertugas menentukan arah data dan meneruskannya tanpa mengubah pesan yang ada didalamnya.

Contoh : Router, Switch, Communication Server, Firewall, Modem, dan Access Point


Fungsi2 dari Intermediary Devices adalah :

  1.      Regenerate dan memancarkan kembali sinyal data
  2.      Menjaga informasi tentang jalur apa yang ada melalui Network dan internetwork
  3.      Memberitahu perangkat lain dari kesalahan dan kegagalan komunikasi
  4.      MenDirect data, langsung sepanjang jalur alternatif bila ada kegagalan link
  5.      Mengklasifikasikan dan direct messages sesuai dengan prioritas QoS
  6.      Mengizinkan atau menolak aliran data, berdasarkan pengaturan keamanan

Network Media

mubarok.net_network media



Ada 2 tipe Media : Wire (Fiber Optic, Ethernet, Coaxial) dan Wireless (802.11 a/b/g/n , Wi-Max, LTE, EVDO, HSDPA, dll... ).
kayaknya bakalan ada pembahasan sendiri tentang media2 ini nantinya…
berikut ini adalah beberapa kriteria dalam hal pemilihan media dalam jaringan
  • Jarak tempuh sinyal yang bisa dibawa suatu media (fast Ethernet klo ga salah bisa lebih dari 100 meter, setelah itu banyak sinyal yang loss alias bisa2 RTO : request time out)
  • Environtment alias lingkungan dimana media itu di pasang (paling berpengaruh dalam wireless, jgn tempatin di daerah2 yang banyak radio signal seperti microwave, satelit, beberapa hape, dll)
  • Seberapa besar data dan kecepatan yang musti di transmit (klo mo besar ya pasang fiber optic…bergiga-gia deh dalam 1 detik dia bisa transfer data, tapi ya itu…mahal bro.. hehe)
  • Dan yang terakhir, COST alias biaya penginstallan…yang mana banyak berpengaruh di point ke-3.
Size (Cakupan area network). 

Kalau di SMK dikenal namanya LAN, MAN, dan WAN
Padahal aslinya sih cuma ada LAN…dan WAN (MAN sendiri termasuk WAN)
Langsung aja gambarnya ya...

mubarok.net_LAN WAN



LAN itu kumpulan alat2 jaringan alias networking devices dalam suatu daerah terbatas (rumah, sekolah, kantor, dll)
Sedangkan WAN adalah GABUNGAN dari LAN

In case seperti ini nih :
LAN  : Local Area Network
WAN : Wide Area Network
MAN : Metropolis Area Network

Nah….LAN biasanya disebut Intranet, yaitu sebuah jaringan lokal yang hanya bisa di akses oleh suatu organisasi dengan aturan2 tertentu,

WAN bisa disebut Intranet juga, tapi untuk WAN yang lebih general biasa disebut Internet(working), yaitu sebuah jaringan yang sangat besar yang bisa diakses oleh siapa saja, dan biasanya untuk mengirimkan pesan dari suatu jaringan lokal ke jaringan lokal yang lain yang berbeda ISP (Internet Service Provider).

[Bonus] :D #sekedar catetan gw aja sih...

Berikut ada 3 periperal yang bisa menghubungkan antar device ke jaringan (dari media2 taadi loh


  1. Network Interface Card (NIC Card atau LAN Card)                                                   
  2. Port
    Konektor untuk menghubungkan media dengan networking device (klo liat gambar diatas…itu tuh…yang bolong bentuknya agak kotak, yang sebelahnya lampu ijo tua)            
  3. Interface (sebenernya sebutnya ini bukan alat sih , tapi semacam terminology)
    Yaitu port tertentu yang terhubung ke jaringan yang tertentu pula (klo gambar diatas kan port nya cuma 1 tu, nah klo di switch dan router, port nya banyak, dan masing2 port itu ada interface sendiri2)


mubarok.net_Interface switch catalyst
Port bisa juga di namakan interface (physical interface), tapi ada juga yang dinamakan virtual interface…nanti kita akan pelajarin. *sabar




dan yang terakhir kalinya,.... berikut gw kasi command yang sekiranya berguna untuk kita bisa lihat jaringan apa saja yang kita lewati sebelum ke tujuan, kita bisa jalankan RUN

> ketik CMD
traceroute [nama website], contoh = > traceroute www.google.co.id

oke gw kira cukup dulu untuk postingan hari ini, akan saya lanjut di posting berikutnya masih tentang basic networking (maybe part 3) ^_^

Post a Comment

Dzaki Faizal Mubarok (Dzaki_Mubarok)

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-XMtGV06UzCo/WAF2PUZYDwI/AAAAAAAAAfo/7AIatGpPLu0LZY7Nps_8TquCKkJXCqQkgCL0B/w424-d-h440-p-rw/Mubarok%2B%25282%2529.jpg} Website berbagi ilmu dan kebermanfaatan. Aminn Semoga berkah :) {facebook#https://www.facebook.com/mubarok.network} {twitter#https://twitter.com/Dzaki_Mubarrok} {google#https://plus.google.com/u/0/+DzakiMubarok26} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCVsIsEntb5Y3D2YVZIroBMA} {instagram#https://www.instagram.com/dzaki_mubarok/}
Powered by Blogger.