13:54:00

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Untuk orang yang awam akan dunia programming khususnya yang ingin mempelajari ASP nya .NET, tentu diawal awal belajar, sangatlah perlu mengetahui rule2 step by step bagaimana dan apa saja yang perlu dipelajari mulai dari awal hingga menjadi pro Web ASP .Net developer. hal ini dimaksudkan agar kita tahu darimana harus belajar. gak tiba2 instan langsung bisa develop ASP tanpa mengetahui basic dari .Net itu sendiri. Oke berikut rulenya :

  1. first, memahami .Net Basic Execution (how a .Net program executes?, The Use of ILDASM(Intermediate Language Disassembler) and ILASM(Intermediate Language Assembler) Visual Studio Tools?Strong Named and Weak Named an Assembly?, GAC(Global Assembly Cache)?, How .NET finds the assemblies during program execution?) . yang ini Optional aja sih menurut gw. kalo pengen tau gimana eksekusi compile .net dilakukan, tp gakada salahnya juga dipelajari. Secara garis besar sih .Net sama banget kek JAVA program prosesnya. misal kalo di java ada bytecode sama JVM(java virtual machine) sebagai eksekutornya.. kalo di .net ada Intermediate Language and CLR (Common Language Runtime)... yang kemudian dari eksekusi ini menghasilkan suatu assembly(.DLL(kalo projectnya berupa web or class library) dan .EXE(kalo projectnya berupa windows or console app)) nah.. didalam .Net Assembly ini ada 2 bagian yg disebut Manifest and Intermediate language(IL). manifest ini menyangkut informasi assembly like name, version, culture, public key token, reference, strong name information and soon... kita bisa memanfaatkan tools ILDASM and ILASM untuk memanipulasi assembly seperti mengubah versi dari defaultnya 1.0.0.0 ke 2.0.0.0 *misal, membaca juga mengexport manifest and IL to a text file.. dengan ILDASM. pakai/ganti dg assembly export an tsb / reconstruct assembly.. dengan ILASM. untuk caranya bisa disearch aja... kemudian suatu assembly dibedakan atas strong dan weak.. A strongly named assembly should have Assembly Name, Assembly Version Number, signed with private/public key pair>> contohh.. [assembly: AssemblyKeyFile("k.snk")] . selain dari ciri tersebut berarti assembly termasuk weak named assembly. kelebihan Strong named assemblies are guaranteed to be unique and solves DLL hell. sedangkan weak named tidak. dan hanya strongly named assembly yg bisa untuk di install ke GAC. pada intinya saat eksekusi program dilakukan, .Net pertama2 akan nyari versi assembly yg dibutuhkan di manifest(CLR checks the application configuration file), kemudian nyari GAC jika assembly strongly named, jika gak nemu assemblynya di GAC maka akan nyari di file .config, kalo ndak ada juga maka akan nyari di direktori yg ada file .EXE nya, jika ndak ada juga maka ERROR. note: ini hanya berlaku utk strongly named assembly. yaa intinya gitu deh program execution di .net
  2. Pengetahuan dasar Programming dengan C# (ini materi dasar-dasar ngoding pake C#). seperti penulisan code C#, Looping , Array, Namespace, Method, Interfaces, Abstract, Class, (konsep OOP), Delegates, Exception Handling, Encapsulation, Enum, Generics, Reflection, Indexers, List Collection, Anonimous method, Lambda Expression in C#, Func Delegate, Async & await, Multithreaded dan banyak lagi ... :D jangan kolaps dulu yah... istiqomah aja. yakin wiss kabeh ono dalane *ISO
  3. Apalah guna aplikasi tanpa data haha.. yup yang ketiga musti belajar DBMS nya SQL Server so pasti lah erat hubungannya ini satu platform. minimal lah paham connecting nya baru yang lain2 kek CRUD, join table, trigger, transact, pokok e DDL DML lah..
  4. Setelah itu barulah kita mempelajari ASP .Net 
  5. ADO(ActiveX Data Objects) .Net (merupakan sekumpulan class yg berguna untuk melakukan interaksi dg datasource seperti database atau file XML). detailnya nanti yaaa... pokoknya setelah belajar point2 diatas maka mulailah kita main2 dengan librari2 classnya ADO .Net ini juga. untuk nantinya bisa kita combine dengan Entity Framework.
  6. Untuk tambahan lainnya untuk melengkapi.. :D pelajari Gridview, kemudian Web Services &WCF, lanjut MVC, EF, dan LINQ tentunya.
oke cukup itu insyaallah kalo menguasai semua hehe bisalah buat bekal jadi pro ASP .Net Developer. yang penting yakin. dijalani wae dab.. selamat belajar. utk detail dari setiap materi diatas akan saya post di kesempatan berikutnya. 

اَلْحَمْدُلِلّهِ

Post a Comment

Dzaki Faizal Mubarok (Dzaki_Mubarok)

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-XMtGV06UzCo/WAF2PUZYDwI/AAAAAAAAAfo/7AIatGpPLu0LZY7Nps_8TquCKkJXCqQkgCL0B/w424-d-h440-p-rw/Mubarok%2B%25282%2529.jpg} Website berbagi ilmu dan kebermanfaatan. Aminn Semoga berkah :) {facebook#https://www.facebook.com/mubarok.network} {twitter#https://twitter.com/Dzaki_Mubarrok} {google#https://plus.google.com/u/0/+DzakiMubarok26} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCVsIsEntb5Y3D2YVZIroBMA} {instagram#https://www.instagram.com/dzaki_mubarok/}
Powered by Blogger.